Dewa-dewi dalam mitologi Yunani kuno

Dewa-dewi dalam mitologi Yunani kuno



Zeus

Dalam mitologi, Zeus yaitu Dewa Pemimpin yang bertahta di Olympus. Ia menikah dengan adik perempuannya, Hera sebagai Dewi Penikahan. Zeus membagi dunia jadi tiga serta membagi dunia-dunia itu dengan ke-2 saudaranya, Poseidon sebagai Dewa Penguasa Lautan, serta Hades sebagai Dewa Penguasa Alam Kematian.

Hera

Di kenal juga sebagai istri serta saudara wanita dari Zeus. Hera yaitu dewi pernikahan. Ia digambarkan juga sebagai dewi yang penuh keagungan serta penuh hikmat. Kerap ditahtakan serta dimahkotai dengan polos (mahkota berupa silinder tinggi), yang cuma dikenakan oleh sebagian dewi-dewi besar.

Ares

Ares adalah dewa perang dalam mitologi Yunani. Dalam mitologi Romawi ia di kenal dengan nama dewa Mars. Ia mempunyai 2 pengawal, yakni Phobos serta Deimos. Nama Mars jadi salah satu planet yang dekat bumi serta mempunyai 2 bln., yang dinamai sesuai sama nama pengawalnya, Phobos serta Deimos. Nama bln. Maret adalah persembahan baginya.

Hephaestus

Di kenal dengan nama Vulkan dalam mitologi Romawi. Ia yaitu putra pertama dewa Zeus dengan dewi Hera. Ia yaitu dewa api, tukang kayu, penempa besi serta pengrajin senjata. Hefestus disembah di seluruhnya pusat industri serta manufaktur di Yunani terlebih di Kota Athena. Meskipun bengkelnya terdapat di pulau Lemnos, Hefestus dihubungkan dengan Gunung Etna oleh orang Sisilia.

Dionysus

hanya satu dewa yang mempunyai orangtua manusia yaitu Dionysus. Anugerah ajaibnya, air suling buah anggur yaitu pembawa keceriaan ataupun pemicu kegilaan. Ciptaannya yang memabukkan itu dapat bikin ramai peminumnya serta menyulut kekacauan disebabkan mabuk. Pada saat kuno, pemujanya berkumpul di rimba serta menari untuk menghormatinya serta minum sampai mabuk. Prajurit Troya mau terlepas dari kegelisahan dengan ramuan mujarabnya. Sungguh, tersebut sebenarnya selama zaman hingga sekarang ini.

Demeter

Demeter, Dewi Pertanian serta Kesuburan dikira yang pertama mengajar manusia mengerjakan tanah serta memanen. Diberkahi kuasa menghadirkan kemakmuran serta kelaparan untuk manusia. Diceritakan ia memiliki kekuatan mengontrol musim serta mengubah permukaan alam. Saat ini, tempat pertanian tumbuh subur di atas tanah di mana diakui perang Troya berlangsung. Mungkin saja bukti kekuasaan Demeter untuk melahirkan kehidupan baru bahkan juga di sisa daerah perang legendaris di mana terjadinya pertempuran yang gagah berani.

Poseidon

Di kenal juga sebagai dewa penguasa laut. Poseidon mempunyai senjata berbentuk triden yang dapat mengakibatkan banjir serta gempa bumi. Poseidon juga mempunyai kendaraan yang ditarik oleh Hippopocamus (makhluk 1/2 kuda 1/2 ikan). Poseidon beristrikan Amphitrite serta mempunyai anak bernama Triton. Poseidon juga yaitu dewa yang membuat kuda dalam upayanya merayu Demeter.

Hermes

salah satu dewa dalam mitologi Yunani yang dikira juga sebagai dewa keberuntungan, dewa pelindung untuk golongan pedagang, serta dewa pengirim berita. Dalam mitologi Romawi, ia dimaksud sebagai Mercurius. Hermes yaitu anak Zeus serta Maia. Ciri fisiknya yaitu badan yang mungil yang senantiasa kenakan topi bersayap serta sandal bersayap. Ia amat cepat dalam berbicara serta lari. Hermes menjabat juga sebagai pembawa pesan Zeus serta pemandu untuk roh yang menuju neraka. Hermes mempunyai tongkat yang dimaksud Caduceus. Ia adalah dewa penolong untuk Odiseus saat terjerat pada suatu pulau. Dari hubungan dengan Aphrodite, Hermes mempunyai anak bernama Hermaphrodite.

Athena

Athena, dewi kerajinan tangan, ketrampilan rumah tangga serta perang. Juga sebagai dewi perang, ia membanggakan kepandaiannya yang mengagumkan. Menurut legenda, ia nampak dalam situasi dewasa komplit dengan baju baja. Dari seluruhnya anaknya, Zeus pilih Athena juga sebagai pembawa tameng serta halilintar. Musuh yang dhsyat untuk Troya, ia berperang di pihak prajurit Yunani serta diceritakan ia berduka atas kematian Achilles. Namun waktu Troya jatuh serta Yunani mencemari kuilnya, ia menuntut balas. Dia meminta Poseidon turunkan badai yang mengacaukan pulangnya kapal-kapal Yunani. Penuh keberanian di medan perang, ia juga memahami nilai paling utama perdamaian serta di kenal juga sebagai pelindung serta ketrampilan dalam rumah tangga. Tidak seperti yang lain yang lebih sukai menyebutkan alam juga sebagai tempat tinggalnya, Athena sangatlah suka pada kota. Kota favoritnya yaitu Athena, seperti namanya, serta di mana kuilnya, Parthenon, masih tetap berdiri juga sebagai salah satu keajaiban dunia.

Artemis

Artemis, Dewi berburu. Sama liarnya dengan alam tersebut. Adalah dewi suci untuk pemburu serta pelindung golongan muda yang dengan tenang mengatur beberapa tempat bumi yang liar. Saudari kembar Apollo ini terampil dalam memanah melebihi seluruhnya dewa di Gunung Olympia. Ia senantiasa membawa busur perak serta anak panahnya. Ia memihak Troya waktu perang berjalan. Ia turunkan angin utara yang dahsyat yang menghalangi mereka untuk berlayar ke Troya. Saat ini peninggalan Artemis tampak pada wanita yang menentang kebiasaan serta melakukan hidup yang lebih perorangan serta bebas. Dengan cara samar dikisahkan, bahwa ia masih tetap berdiam di rimba.

Apollo

Dia yaitu Dewa sinar, musik, pemanah, penyembuhan, matahari serta penyair dalam Mitologi Yunani serta mitologi Romawi. Ia adalah anak dari Zeus serta Leto serta saudara kembar Artemis. Orakelnya di Delphi sangatlah populer. Beberapa orang dari semua Yunani yang berkunjung ke orakelnya untuk mencari tahu tentang hari esok mereka. Ia memiliki busur yang terbuat dari emas. Pohon Laurel, burung gagak serta hewan lumba-lumba dikeramatkan untuk dia.

Aphrodite

Dewi Cinta serta Kecantikan dalam mitologi Yunani. Dalam legenda Romawi dikatakan sebagai Venus. Ada dua legenda tidak sama tentang kelahiran Aphrodite. Legenda pertama mengatakan Aphrodite yaitu putri dari Zeus serta Dione. Namun legenda ini kurang popular. Legenda ke-2 mengatakan bahwa Aphrodite lahir dari alat kelamin Uranus sang Titan yang dikebiri oleh Cronus.

Hades
"
Hades yaitu dewa dunia bawah dalam Mitologi Yunani. Hades adalah putra tertua dari Kronus serta Rhea. Dia berbarengan saudara-saudaranya menaklukkan beberapa Titan serta menggantikan kekuasaan atas dunia. Zeus, Poseidon serta Hades lakukan undian untuk memastikan tempat kekuasaan serta Hades memperoleh dunia bawah. Lantaran asosiasinya dengan dunia bawah, Hades kerap dikira juga sebagai dewa kematian walau bukanlah. Hades juga kadang-kadang dikatakan sebagai dunia bawah tersebut.

0 Response to "Dewa-dewi dalam mitologi Yunani kuno"

Posting Komentar

wdcfawqafwef